Diet pasien hiv ppt

Namun obat ini tak banyak menolong pada odha.

Jika Anda mengonsumsi suplemen, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini: Untuk odha yang mengalami wasting syndrome, olahraga dapat meningkatkan massa tubuh dan berat badan secara keseluruhan jika dikombinasikan dengan asupan makanan yang adekuat.

Sayangnya hingga saat ini, studi-studi yang meneliti mengenai efek obat antiretroviral terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler masih melaporkan hasil yang saling berlawanan. Ulserasi di mukosa mulut akibat virus atau idiopatik juga sering terjadi sehingga menyebabkan nyeri sewaktu makan.

Karena penghambat protease dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan kadar glukosa darah, maka obat golongan ini dapat memperberat diabetes pada odha yang juga menderita diabetes mellitus. Daftar Pustaka Grimes, E.

Panduan Pola Makan untuk Penderita HIV/ AIDS

Berbeda halnya dengan obat megestrol acetat, dipasarkan dengan nama Tracetat atau Megace sirup atau tablet yang cepat sekali meningkatkan nafsu makan dan membuat pasien merasa lebih nyaman dan membuat banyak pasien merasa lebih nyaman dan merasa lebih enak.

Gunakan masker bila perlu. Atorvastatin dan fluvastatin harus digunakan secara hati-hati dan dengan dosis yang lebih rendah bila diberikan bersama-sama dengan penghambat protease. Infeksi-infeksi tersebut dapat meningkatkan atau mengubah pola penggunaan energi yang efektif pada orang sehat menjadi abnormal.

Obat golongan penghambat protease sebaiknya tidak diberikan bersamaan dengan simvastatin dan lovastatin. Prinsipnya yang harus diingat adalah pasien tidak perlu kaya, tapi akses terhadap obat harus dibuka seluas-luasnya. Odha perlu memperoleh pendidikan kesehatan yang terkait dengan nutrisi mengenai beberapa aspek, antara lain a prinsip diet sehat, b bagaimana menjaga agar kondisi otot tubuh tetap normal, dan bagaimana prinsip pengobatan wasting syndrome, c manajemen interaksi obat dan makanan, d managemen gejala gastrointestinal yang mempengaruhi asupan jumlah dan jenis makanan, e bagaimana menyikapi dengan benar masalah suplemen herbal dan suplemen nutrisi, f budaya yang berhubungan dengan makanan, g nutrisi sewaktu odha hamil, h susu formula untuk bayi baru lahir, i timbulnya hiperglikemia dan kelainan lipid yang dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Apabila malabsorbsi tersebut disertai dengan diare kronik, yang sering kali terjadi, maka jika tidak ditangani dengan baik dapat menjadi predisposisi terjadinya malnutrisi yang berat. Latihan beban merupakan metode yang dapat secara langsung meningkatkan massa otot.

Jika makan bersama teman akan baik untuk kesehatan emosinya.

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN HIV-AIDS

Yang menjadi pertanyaan sekarang: Sayuran harus diberikan dalam bentuk matang, bukan mentah lalapuntuk menghindari masuknya kuman ke dalam tubuh. Karenanya yang terbaik adalah makan makanan yang dimasak sendiri di rumah karena kebersihannya relatif lebih baik.

Karena itu pasien seperti ini justru memerlukan diet tinggi lemak dan tinggi protein. Obat penghambat protease diduga dapat berinteraksi dengan beberapa protein sel yang terlibat pada metabolisme lipid karena adanya homologi asam amino parsial antara protein-protein tersebut dan HIV-1 protease.

Kalau pasien hanya makan sedikit dan kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, efek samping obat akan lebih berat dan kondisinya bisa semakin menurun. Sebagai penutup, olahraga aman dilakukan oleh odha dan banyak manfaatnya.Virus HIV dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh sehingga penderita HIV/ AIDS membutuhkan banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk membantu melawan penyakit.

Selain itu, diet untuk penderita HIV/ AIDS juga ditujukan untuk membantu menyembuhkan gejala. HIV/AIDS powerpoint 1. Josie Minor 2. HIV~ (Human Immunodeficiency Virus) The virus compromises the body’s ability to handle disease and causes AIDS.

AIDS~ (Acquired Immune Deficiency Syndrome) It is related to HIV, but they are not one in the same.

Tatalaksana Gizi Pasien HIV AIDS

Penatalaksanaan Diet. Karena orang dengan HIV/AIDS sering mengalami masalah nutrisi, maka sebaiknya mereka tidak berpantang makanan apapun, kecuali memang sangat diperlukan. Bahkan untuk odha yang mengalami malnutrisi, apalagi wasting syndrome, diberikan diet tinggi kalori dan tinggi protein: susu, telur, daging, ikan, sangat dianjurkan.

Download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd. Flag for inappropriate content. Diet Sehat; Anjuran Makanan ; Penyebab Penyakit hiv aids scribd asuhan keperawatan hiv aids pdf asuhan keperawatan hiv pada anak asuhan keperawatan hiv aids ppt asuhan keperawatan hiv pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada ibu hamil asuhan keperawatan hiv aids pada anak asuhan keperawatan hiv pada orang dewasa asuhan keperawatan hiv aids pada anak pdf asuhan keperawatan hiv.

· 30 बातें HIV अाैर Aids के बारे में ये जो पूरी दुनिया को जाननी चाहिये // Must know- AIDS/HIV - Duration: Author: Stay Healthy.

Diet pasien hiv ppt
Rated 5/5 based on 54 review