Laporan praktikum pernapasan pada jangkrik berdasarkan berat badan

Organ tersebut antara lain: Probandus yang keempat yaitu Rizky 20tahunyang memiliki tinggi badan cm dan berat badan 49kg, serta lingkar dada 80cm. Ketersediaan oksigen akan mempengaruhi laju respirasi, namun besarnya pengaruh tersebut berbeda bagi masing-masing spesies dan bahkan berbeda antara organ pada tumbuhan yang sama.

Vutikatul 20th P cm 65kg 90cm ml ml 4. Fungsi eosin: Pasang perangkat percobaan seperti gambar dibawah ini! Probandus yang ketiga yaitu Vutikatul 20tahunyang memiliki tinggi badan cm dan berat badan 65kg, serta lingkar dada 90cm. Jelaskan analisamu tentang keadaan ini!

Hal ini mungkin diakibatkan karena para probandus yang tidak bersungguh — sungguh dalam melakukan aktivitas olahraga, selain itu antrian dalam mengukur kapasitas paru — paru karena kurangnya alat juga turut berpengaruh, karena probandus berkesempatan untuk menormalkan kapasitas paru — paru mereka sebelum diukur menggunakan spirometer.

Kemudian membaca volumenya Probandus melakukan gerak badan misalnya berlari atau menaiki tangga Menarik nafas sedalam-dalamnya dan menghembuskan nafas sekuat- kuatnya max melewati mulut yang dihubungkan dengan pipa plastik Membandingkan kapasitas vital sebelum dan sesudah olahraga 5.

Warna kapur yang keruh itulah yang menjadi bukti nyata hasil dari endapan reaksi air kapur dengan karbondioksida. Probandus yang terakhir yaitu Endah 20tahunyang memiliki tinggi badan cm dan berat badan 50kg, serta lingkar dada 79cm. Perhitungan dilakukan untuk memperoleh angka kecepatan respirasi organisme tertentu dalam ml tiap satuan waktu.

Bolumenya akan tetap tidak dapat berubah hingga kita meninggal. Tujuan pemberian plastisin atau vaselin yaitu agar hubungan antara tabung dan bagian bersekala licin serta udara tidak dapat keluar masuk. Laju metabolisme biasanya diperkirakan dengan mengukur banyaknya oksigen yang dikonsumsi makhluk hidup per satuan waktu.

Dalam arti kata yang lebih luas, respirasi meliputi pertukaran gas antara atmosfer dengan paru- paru yang dikenal dengan istilah pernafasan, transport O2 dari paru-paru sel jaringan transport CO2 dari sel-sel ke paru-paru, dan yang terakhir adalah penggunaan O2 oleh sel-sel jaringan yang disebut respirasi sel Waluyo.

Ukuran tubuh, Makin besar ukuran tubuh maka keperluan oksigen makin banyak. Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Pada keadaan ini paru-paru mengempis sehingga udara keluar.

Saat jangkrik menghirup oksigen maka terjadi penurunan tekanan gas dalam respirometer sehingga eosin bergerak masuk ke arah respirometer.

Frekuensi Pernapasan Frekuensi pernapasan adalah intensitas memasukkan atau mengeluarkan udara per menit. Dengan demikian apa yang menyebabkan kekeruhan pada air kapur? Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi dalam respirasi dapat dituliskan sebagai berikut: Respirasi dilakukan oleh semua makhluk hidup dengan semua penyusun tubuh, baik sel maupun mulut.

Dari masing — masing probandus diperoleh hasil pengamatan sebagai berikut, Probandus yang pertama yaitu Adil 21tahunyang memiliki tinggi cm dan berat 55kg, serta memiliki lingkar dada sebesar 84cm.

· Praktikum ini menggunakan respirometer yang befungsi untuk mengukur laju respirasi seraangga yaitu jangkrik. Berat jangkrik merupakan factor utama dalam paktikum ini, sehingga sebelum melakukan praktikum jagkrik harus ditimbang terlebih dahulu.

Kebutuhan oksigen pada jangkrik dipengaruhi oleh beberapa faktor, namun faktor yang paling terlihat adalah berat badan / ukuran tubuh jangkrik. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan pada jangkrik betina yang memiliki kebutuhan oksigen lebih banyak daripada jantan, karena betina memiliki berat badan / ukuran tubuh yang besar.

Berdasarkan grafik laju pergesaran percobaan diatas menunjukkan bahwa laju pernafasan oleh jangkrik dominan menurun karena disebabkan semakin sedikitnya oksigen yang tersedia dalam tabung.

Berikut perhitungan rata-rata volume udara berisi oksigen yang dihirup. · Pada praktikum repirasi kali ini menggunakan serangga (belalang, jangkrik, kecoa) yang dimasukkan ke dalam respirometer. Serangga ini dimasukkan ke dalam tabung respirometer kemudian dimasukkan eosin yang berfungsi untuk mengikat O 2, namun eosin harus dibungkus terlebih dahulu dengan menggunakan kapas sebelum dimasukkan ke dalam tabung.

· Agar kegiatan bernapas pada tauge dapat teramati dengan maksimal, maka pengamatan harus dilakukan pada tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup agar cairan eosin dapat bergerak normal akibat pengaruh pernapasan yang dilakukan oleh tauge.

Pada cacing tanah, oksigen masuk secara difusi melalui permukaan tubuh, kemudian masuk ke pembuluh darah. Di dalam darah, oksigen di ikat oleh pigmen-pigmen darah, yaitu hemoglobin yang larut dalam plasma darah.

Pada hewan lain, hemoglobin terkandung di dalam sel darah merah (eritrosit).Author: Kelompok Praktikum Fisiologi Hewan.

Seputar Dunia Pendidikan
Laporan praktikum pernapasan pada jangkrik berdasarkan berat badan
Rated 0/5 based on 56 review